Rencana Strategi Sarana dan Prasarana

Rencana Startegi Sarana dan Prasarana Tahun 2015 - 2019

Rencana Strategis sarana prasarana 2015 – 2019 telah tertuang dalam Rencana Strategis UPN “Veteran” Yogyakarta 2015 – 2019, Dalam penyusunan Renstra didasarkan pada beberapa hal yaitu pertama ; kondisi UPN “Veteran” Yogyakarta saat ini dan perkiraan beberapa waktu ke depan, terkait dengan pengelolaan Tridharma Perguruan Tinggi, baik yang bersifat problematika maupun potensi yang bisa dikembangkan. Kondisi ini meliputi aspek pendidikan, pembelajaran, dan kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, organisasi, kelembagaan dan tata kelola.

Perubahan status UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi perguruan tinggi negeri melalui Peraturan Presiden nomor 121 tahun 2014 tentang pendirian UPN “Veteran” Yogyakarta, telah berdampak  pada perubahan tata kelola UPN “Veteran” Yogyakarta secara menyeluruh, baik  dalam aspek utama penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi maupun aspek pendukungnya. Kondisi ini menuntut penataan kelembagaan secara baik dan menyeluruh sehingga tidak menimbulkan masalah  dan dapat meningkatkan kualitas UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dengan status PTN saat ini, UPN “Veteran” Yogyakarta berusaha untuk bersaing dengan Perguruan Tinggi lain baik PTN maupun PTS, dengan peningkatan kuantitas dan kualitas program studi dalam rangka penguatan bidang Tridharma Perguruan Tinggi dan berkontribusi bagi terciptanya sumberdaya manusia yang unggul serta menunjang pembangunan nasional. Sasaran strategisnya yaitu dengan dibukanya program studi baru S1,S2,S3 mulai tahun 2015. Meningkatkan kuantitas dan kualitas ketersediaan alat laboratorium dan software yang mampu mendukung penelitian

Program

Berkaitan dengan usulan sarana prasarana, UPN “Veteran” Yogyakarta mempunyai beberapa program yang tertuang pada Rencana Strategis UPN “Veteran’ Yogyakarta  2015 – 2019, Adapun kegiatannya meliputi :

- Dibukanya fakultas baru  dan program studi baru, yang secara otomatis diimbangi dengan pembangunan gedung baru yang kami usulkan pada tahun 2017

- Meningkatkan kualitas dan kuantitas riset sehingga diperlukan adanya pembangunan gedung laboratorium Terpadu untuk Technocenter, graha riset dan Seminar Internasional. Adapun membangunan gedung laboratorium terpadu tersebut kami usulkan pada tahun 2017.

- Dengan bertambahnya gedung perkuliahan dan laboratorium terpadu, untuk lebih menyempurnakan kualitas dan  kuantitas sarana prasarana maka diperlukan juga penambahan peralatan laboratorium, mebelair dan peralatan elektronik.

Dengan program-program tersebut di atas, maka diharapkan hal-hal tersebut dibawah ini akan tercapai antara lain :

  1. Meningkatnya kualitas pembelajaran dan kemahasiswaan pendidikan tinggi
  2. Meningkatnya kualitas kelembagaan Iptek dan pendidikan tinggi
  3. Meningkatnya relevansi, kualitas, dan kuantitas sumberdaya Iptek dan pendidikan tinggi
  4. Meningkatnya relevansi dan produktivitas riset dan pengembangan
  5. Menguatnya kapasitas inovasi.

 

Penerima  Manfaat

Dengan terealisasinya  usulan sarana prasarana UPN “Veteran” Yogyakarta manfaat yang diperoleh tidak hanya di internal lembaga tetapi juga di eksternal, antara lain dari : 

Output :  memiliki sarana dan prasarana pembelajaran sesuai dengan standar nasional pendidikan

Outcome : Meningkatnya kuantitas dan kualitas sarana prasarana pembelajaran

Jangka Panjang : untuk mencapai target yang lebih besar diperlukan sarana dan prasarana 

Manfaat internal : segenap sivitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta bisa merasakan kenyamanan dengan kelengkapan sarana prasarana yang memadai, yang bisa merupakan salah satu indikator untuk mencapai visi dan misi UPN “Veteran” Yogyakarta.

Manfaat Ekternal : Masyarakat luar atau mitra kerjasama UPN dalam memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki UPN “Veteran” Yogyakarta serta Ilmu  Pengetahuan dan teknologi yang dimiliki.

 

Rencana Pengadaan Sarana dan Prasarana

Rencana pengadaan sarana prasarana selama lima tahun kedepan antara lain : pembangunan gedung baik untuk mendukung proses belajar mengajar maupun peningkatan kualitas laboratorium yaitu pembangunan gedung laboratorium terpadu  beserta penambahan sarana prasarana laboratorium dan pembangunan gedung perkuliahan serta peralatan pembelajaran.

Target fisik yang harus dialokasikan setiap tahunnya yaitu memperbaiki dan menambah  peralatan  pembelajaran dan laboratorium. Selain pembangunan gedung, penambahan peralatan  dan mebelair , untuk mendukung kegiatan Unit kegiatan mahasiswa (UKM) khususnya UKM Marchingband , UPN “Veteran” Yogyakarta mengusulkan peralatan Marchingband  guna mendukung kegiatan tersebut yang sudah membawa nama UPN “Veteran” Yogyakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya di kancah nasional maupun internasional