Informasi Akademik

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Satu semester terdiri dari 18 (delapan belas) minggu:

  • 14 (empat belas) minggu untuk pelaksanaan perkuliahan,
  • 2 (dua) minggu untuk pelaksanaan ujian tengah semester, dan
  • 2 (dua) minggu untuk pelaksanaan ujian akhir semester.  

Dalam alasan khusus, mahasiswa dapat mengajukan permohonan izin kepada dosen untuk tidak mengikuti kuliah tanpa harus kehilangan poin presensi.

 Alasan khusus mahasiswa dapat diberi izin adalah:

  1. Sakit dan menjalani rawat inap yang dikuatkan dengan surat keterangan dokter; atau
  2. Orang tua dan/atau saudara kandung meninggal; atau
  3. Mengemban tugas Universitas dalam kancah lokal, nasional, regional, atau internasional dengan surat keterangan yang disahkan/diketahui oleh Dekan untuk penugasan tingkat lokal dan oleh Wakil Rektor untuk penugasan tingkat nasional, regional, dan internasional.

Izin dengan alasan khusus dapat diberikan sebanyak-banyaknya 2 (dua) kali per mata kuliah setiap semester

EVALUASI PEMBELAJARAN

  1. Evaluasi pembelajaran antara lain berupa tugas, quiz, dan ujian sesuai dengan capaian pembelajaran.
  2. Untuk dapat mengikuti ujian akhir mata kuliah, mahasiswa wajib hadir sekurang-kurangnya 12 kali kegiatan tatap muka.
  3. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tatap muka kurang dari 12 kali dalam satu semester, mata kuliah yang diikutinya dinyatakan tidak lulus dengan nilai E.
  4. Ujian akhir semester dilaksanakan setelah sekurang-kurangnya 14 kali kegiatan tatap muka, diselenggarakan bersama di bawah koordinasi fakultas.
  5. Dalam hal berhalangan khusus, mahasiswa dapat mengajukan ujian susulan untuk ujian akhir semester.
  6. Halangan khusus antara lain adalah:
    1. Sakit dan menjalani rawat inap, yang dikuatkan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit tempat yang bersangkutan dirawat; atau
    2. Orang tua dan/atau saudara kandung meninggal; atau
    3. Mengemban tugas Universitas dalam kancah lokal, nasional, regional, atau internasional, dengan surat keterangan yang disahkan/diketahui oleh Dekan untuk penugasan tingkat lokal dan oleh Wakil Rektor untuk penugasan tingkat nasional, regional, dan internasional.

Ujian susulan bagi mahasiswa yang berhalangan khusus dan ujian remedial dilaksanakan sesuai waktu yang sudah disepakati oleh dosen dan mahasiswa sebelum batas akhir penyerahan nilai.

 MASA DAN BEBAN STUDI

  • Masa dan beban studi penyelenggaraan program pendidikan adalah sebagai berikut:
    1. paling lama 5 (lima) tahun akademik untuk program diploma tiga, dengan beban studi mahasiswa paling sedikit 108 (seratus delapan) sks;
    2. paling lama 7 (tujuh) tahun akademik untuk program sarjana, dengan beban studi mahasiswa paling sedikit 144 (seratus empat puluh empat) sks;
    3. paling lama 4 (empat) tahun akademik untuk program magister, setelah menyelesaikan program sarjana, dengan beban studi mahasiswa paling sedikit 36 (tiga puluh enam) sks; atau
  • Beban studi per semester bagi mahasiswa program diploma dan program sarjana pada semester satu dan dua berupa paket mata kuliah sesuai kurikulum program studi.
  • Beban studi maksimum per semester bagi mahasiswa program diploma dan program sarjana pada semeseter tiga dan seterusnya sesuai dengan perolehan Indeks Prestasi Semester (IPS) 2 (dua) semester sebelumnya, sebagai berikut:

Indeks Prestasi Semester

Beban studi maksimum yang boleh diambil

> 3,00

24 sks

2,50 – 2,99

22 sks

2,00 – 2,49

20 sks

1,50 – 1,99

18 sks

≤1,49

16 sks

 

  • Mahasiswa program magister dapat? mengambil beban studi pada semester satu sebanyak banyaknya 12 sks. Beban studi pada semester dua dan berikutnya ditentukan oleh IPS pada semester sebelumnya, sebagai berikut:

Indeks Prestasi Semester

Beban studi maksimum yang boleh diambil

> 3,5

16 sks

3,00 – 3,49

14 sks

2,50 – 2,99

12 sks

< 2,50

10 sks